Wednesday, April 27, 2011

Pelatihan: Mempersiapkan Public Relation Rumah Sakit Sebagai Strategi Memenangkan Persaingan

PENDAHULUAN
Berubahnya nilai-nilai secara global dan masuknya negara kita ke alam persaingan global, mengharuskan kita mengubah paradigma tentang rumah sakit. Saat ini, RS tidak bisa lagi dipandang hanya sebagai institusi sosial belaka, tetapi sudah menjadi institusi yang bersifat sosio ekonomis.
Dengan paradigma baru ini, kaidah-kadiah bisnis juga berlaku bagi “industri” RS, tanpa harus meninggalkan jati diri RS sebagai institusi sosial yang sarat dengan norma, moral, dan etika.
Promosi RS yang selama ini dirasakan “tabu” karena kata promosi tersebut dikonotasikan dengan arti membujuk serta mengarahkan seseorang agar mengunjungi RS tertentu pun akhirnya menjadi suatu hal yang bisa dan harus dilakukan. Sebagaimana yang telah kita ketahui, promosi merupakan salah satu media yang sangat baik bila promosi tersebut sesuai dengan kondisi sesungguhnya RS tersebut; jujur, informatif, mendidik, dan dapat membuat seseorang lebih jelas dan memahami tentang pelayanan kesehatan yang akan mereka dapatkan.
PR juga ‘bertugas’ membangun citra positif Rumah Sakit, sebagai bagian dari efektifitas ‘positioning’ dan upaya mempertahankan loyalitas pelanggan.
Di sisi lain, Indonesia sudah dijadikan ajang promosi bagi RS dari negara lain. Selain menerapkan kampanye periklanan di Indonesia, RS tersebut juga melakukan beragam cara berkomunikasi melalui kegiatan-kegiatan kehumasan (public relations) dan lini bawah (below the line) secara gencar dan berkelanjutan, untuk mendapatkan sebanyak mungkin konsumen di Indonesia.
Selain itu, saat ini Rumah Sakit banyak diawasi oleh masyarakat yang diwakili oleh LSM, ataupun media yang menyoroti tindakan-tindakan medis ataupun non medis yang dilakukan oleh dokter/petugas Rumah Sakit kepada pasien-pasiennya. Dari sisi ini kehumasan di RS mempunyai peranan penting dalam memberikan informasi kepada masyarakat dan media sehingga RS tidak terjerat dalam proses hukum atau terjebak dalam sebuah polemik yang berkepanjangan.
Atas dasar urgensi tersebut, maka dirasa perlu untuk diselenggarakan program ”Pelatihan mempersiapkan public relation Rumah Sakit”.
Tujuan
Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan:
1. Mampu memahami pentingnya keberadaan PR di Rumah Sakit.
2. Mampu menjalankan fungsi PR baik itu dari sisi promosi ataupun dari sisi kehumasan yang mewakili Rumah Sakit bila ada persoalan-persoalan dengan pihak luar.
Materi
Materi-materi yang akan dibahas dalam pelatihan ini:
1. Urgensi Public Relation Pengembangan dan Positioning RS
2. Merumuskan Tujuan Public Relation di RS
3. Tools dalam Public Relation di RS
4. Program – Program Public Relation
5. Media Relation
6. Komunikasi Efektif
7. Public Relation dan Strategi Promosi RS
8. Public Relation dan aspek mediko legal di RS
Peserta yang di harapkan
Pelatihan ini diharapkan diikuti oleh:
1. Direktur Rumah Sakit
2. Wakil Direktur Bidang Keuangan Rumah Sakit
3. Staf Kehumasan RS
4. Pihak – pihak yang berminat/ditugaskan oleh RumahSakit
Pemateri
1. Drs. Octo Lampito
Pimpinan Redaksi surat kabar Harian Kedaulatan Rakyat.
2. Dra. Ninda Karisa, MA
Praktisi PR dan trainer dalam bidang Pengembangan Pribadi. Punya pengalaman sebagai MC profesional, penyiar radio maupun TV. Sekarang sebagai Direktur PT Ninda Pratama.
3. Drs. Abdul Ghoffar, MBA
Direktur Bumi Madani Yogyakarta, Direktur Centre for Policy Studies (CPS) Yogyakarta.
4. Praktisi PR Rumah Sakit Panti Rapih Jogjakarta
Waktu dan Tempat Penyelenggaraan
Waktu : 5 – 8 Mei 2009
Tempat : Wisma MM UGM
Jl. Colombo No. 1 Yogyakarta, 55281
Penyelenggara
embaga Pengembangan Manajemen Kesehatan BUMI MADANI
Jl. Modang MJ III/424 Jogokariyan Yogyakarta 55143
Telp. 0274 – 749 44 45 Fax. 0274 – 371764
Email : bumimadani@yahoo.com
Contact Person: Dati 081 392 070 080
Jadwal Pelatihan
Mempersiapkan Public Relation Rumah Sakit
Sebagai Strategi Memenangkan Persaingan
Wisma MM UGM, 5 – 8 Mei 2009
Selasa, 5 Mei 2009
14.00 – 21.00 Check in di Hotel dan Registrasi Peserta
Rabu, 6 Mei 2009
08.00 – 08.15 Pembukaan
08.15 – 10.00 Sesi I Urgensi Public Relation Pengembangan dan Positioning RS
10.00 – 10.15 Tea break
10.15 – 12.00 Sesi II Merumuskan Tujuan Public Relation di RS
12.00 – 13.00 Lunch
13.00 – 15.00 Sesi III Tools dalam Public Relation di RS
15.00 – 15.30 Tea Break
15.30 – 17.30 Sesi IV Program – Program Public Relation
Kamis, 7 Mei 2009
08.00 – 10.00 Sesi V Media Relation
10.00 – 10.15 Tea break
10.15 – 12.00 Sesi VI Komunikasi Efektif
12.00 – 13.00 Lunch
13.00 – 15.00 Sesi VII Public Relation dan Strategi Promosi RS
15.00 – 15.30 Tea Break
15.30 – 17.00 Sesi VIII Public Relation dan aspek mediko legal di RS
Jum’at, 8 Mei 2009
08.00 – 11.00 Sesi IX Action Plan
11.00 – 11.15 Tea Break
11.15 – 11.30 Penutupan dan Pembagian Sertifikat
11.30 – 14.00 Jum’at, Lunch dan Check out

0 comments:

Post a Comment

Newer Post Older Post Home

 

Followers

 

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger